Pages

Friday, September 14, 2012

IMPLEMENTASI PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM SISTUM PENYULUHAN


Sahabat semua yang saya hormati...
Selamat datang salam jumpa, dan semoga kebahagiaan selalu menyertai anda....amiiiin.
Postingan ini sengaja saya tuangkan untuk anda dan semuanya sebagai rasa syukur untuk berbagi informasi yang baik dan merupakan pengetahuan, semoga membawa manfaat.
Sahabat,....Dalam pelaksanaan sistim kegiatan penyuluhan perikanan perlu sekali untuk tetap  dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan,  karena dalam kegiatan tersebut tidak lain yaitu untuk melakukan perubahan perilaku agar mereka mau dan mampu dalam mengadopsi teknologi yang sedang berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam proses pelaksanaannya tentu saja berpedoman kepada prinsip pendidikan orang Dewasa, karena itu merupakan salah satu sistem dan dengan menggunakan Prinsip tersebut mereka lebih mudah untuk menerima pengetahuan,  ketrampilan dan sikap untuk melakukan perubahan sebagai proses pembangunan,  dan tetap mengggunakan sistim pendidikan orang dewasa. Bila kita berbicara tentang pendidikan orang dewasa, sesungguhnya orang dewasa tidaklah seperti gelas kosong yang dengan mudah dapat kita tuangkan sesuatu ke dalamnya.



Ada beberapa prinsip penting dalam sistim pendidikan orang dewasa yang perlu diperhatikan, antara lain :
1. Bahwa sesungguhnya Orang dewasa itu mempunyai konsep diri
Sudah pasti orang dewasa memiliki konsep pada dirinya, karena pada umumnya Orang dewasa menuntut untuk dihargai terutama dalam hal pengambilan keputusan yang menyangkut diri dan kehidupannya. Dan pada umumnya Orang dewasa menganggap bahwa dirinya mampu dan memiliki kemampuan hidup yang lebih mandiri. Oleh karena orang dewasa itu lebih cenderung untuk menghindar, menolak dan merasa tersinggung bila diperlakukan seperti anak-anak. Mereka akan menolak situasi belajar yang yang bersifat menggurui, dan disinilah perlu dan pentingnya sistim dalam pembinaan yang tepat dan baik yaitu yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan proses pembinaan dan pembelajarannya kita harus tahu dan paham, inilah yang namanya  sistim pendidikan Orang dewasa
yang pengetrapannya melalui Prinsip pendidikan orang dewasa, dan mampu dalam mengetrapkan dan mengimplementasikannya kepada masyarakat.

2. Orang dewasa kaya akan pengalaman
karena Faktor Usia dan bertambahnya waktu selama hidupnya maka sudah pasti orang dewasa banyak sekali pengalamannya, sehingga Makin lanjut usia seseorang, makin banyak pengalaman yang ia miliki, dan semakin berbeda pula pengalamannya dari orang lain. Adapun pengalaman yang banyak dimiliki dari orang dewasa dapat diperoleh dari berbagai macam yang dialami seperti :
  1. Peristiwa- peristiwa yang dialaminya pada masa lalu, yang dijadikan pelajaran untuk menghadapi peristiwa masa kini.
  2. Hubungan dirinya dengan lingkungannya
  3. Kesadaran dirinya dalam menanggapi penilaian dari orang lain.
  4. Pengalaman ini akan diambil maknanya ketika ia belajar sesuatu yang baru. Dengan demikian, pengenalan hal-hal baru akan lebih baik jika diuraikan berdasarkan pengalaman mereka sendiri, sehingga mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Orang dewasa memiliki masa kesiapan untuk belajar
Memang untuk melakukan keasadaran diri dalam proses pembelajaran semua perlu waktu, dan ada masa-masa tertentu bagi orang dewasa untuk siap mempelajari sesuatu yang baru. Contohnya, bila seorang dewasa telah belajar menjadi pengrajin, maka kesiapan pertamanya adalah memperoleh pekerjaan menjadi pengrajin. Pada saat itu ia siap untuk belajar sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaannya. Tetapi bila ia juga mendapat peran yang lain dalam waktu yang bersamaan, mungkin ia belum siap untuk itu. Oleh karena itu maka materi pembelajaran perlu disusun berdasarkan masa kesiapannya.

4. Orang dewasa berpandangan untuk segera mempraktekkan hasil belajaranya
Sudah menjadi suatu hal yang wajar dan lumrah bahwa Orang dewasa pada umumnya senantiasa berorientasi pada kenyataan. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran bagi orang dewasa sebaiknya diarahkan pada prinsip pembelajaran orang dewasa dan diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya. Dengan demikian, pengalaman belajar sebaiknya dirancang berdasarkan masalah yang dihadapi warga belajar.

contoh: Pemecahan masalah dg diskusi


5. Orang dewasa dapat belajar
Karena tingkat kebutuhan untuk lebih memahami terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat baru, tentu saja orang dewasa sangat tertarik, ingin tahu sehingga dalam proses pembelajaran ia sangat siap untuk menerimanya apakah itu yang bersifat informasi teknologi, pengetahuan, ketrampilan ataupun terhadap perubahan sikap dalam kehidupannya sebagai makhluk Tuhan yang sangat membutuhkan sesuatu, karena itulah maka Sesungguhnya orang dewasa  dapat melakukan kegiatan belajar. Bila orang dewasa tidak menampilkan kemampuan seperti yang diharapkan, kemungkinan hal ini disebabkan oleh adanya perubahan faktor fisiologis, seperti menurunnya pendengaran, dan tenaga sehingga mempengaruhi kecepatan belajarnya. Seorang Pembimbing Fasilitator/penyuluh perlu mendorong warga belajar dewasa dalam proses belajar, sesuai langkah dan keinginan yang mereka tetapkan sendiri.

6. Belajar merupakan proses yang terjadi pada diri
Dalam menggunakan Methode  Penyuluhan Perikanan bahwa sistim Pendidikan Orang dewasa merupakan cara terbaik dalam Proses pembelajaran orang karena  dapat terlaksana dengan mudah apabila metode dan teknik pembelajarannya melibatkan warga belajar. keterlibatan warga belajar merupakan kunci keberhasilan pendidikan orang dewasa. Untuk itu, dalam proses kegiatan penyuluhan seorang fasilitator/penyuluh dalam penyelenggaraan kegiatan sudah seharusnya membantu warga untuk melakukan kegiatan belajar (masyarakat) untuk :
1.       Mengidentifikasi kebutuhan belajar
2.       Merumuskan tujuan belajar
3.       Turut bertanggung jawab dalam perencanaan dan penyusunan pengalaman belajar.
4.       Ikut serta mengevaluasi kegiatan belajar

Penyuluh Perikanan dalam hal ini merupakan fasilitator dalam proses pembelajaran, dan bukanlah sebagai guru tetapi merupakan Partner yang baik yang dapat dimintai pertolongannya untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh kelompok sasaran ataupun sebagai masyarakat yang menjadi obyek dalam sistim Pendidikan Orang dewasa. Sebagai fasilitator seorang penyuluh akan selalu membantu untuk membuka memberi jalan keluar melalui sistim dan methode yang tepat, sehingga mengarahkan agar kelompok sasaran pembelajaran dalam masyarakat tetap merasa bahwa kelompok atau dirinyalah yg memiliki peran dalam proses keberhasilan bahkan secara langsung atau tidak langsung peran penyuluh perikanan diharapkan memiliki kemampuan untuk mensuport dan memberi motivasi terhadap kelompok sasaran-masyarakat dalam mengembangkan kegiatannya, sehingga terjalin sistim kehidupan yang dinamis  untuk saling menghargai, hubungan antar anggota semakin baik, akrab, lancar, karena disinilah dituntut adanya pengertian sehingga timbul hubungan saling asah, saling asih, dan saling asuh.

Demikian semoga bermanfaat.
Terima kasih.



Artikel terkait lainnya:




Sumber Referensi:
Diklat,BAKORLUH, Propinsi Bengkulu, dalam rangka Peningkatan SDM apaaratur pertanian, Kelautan dan perikanan

No comments:

Post a Comment