Pages

Wednesday, September 5, 2012

KARAKTERISTIK IKAN BANDENG

Sahabatku semua, pada postingan sebelum ini, Penyuluh perikanan  telah mengenalkan kepada anda tentang Ikan Bandeng, maka postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya, yaitu Mengenal ikan Bandeng.

Si Ikan Bandeng dikenal sebagai Ikan Air payau yang digemari oleh masyarakat Indonesia umumnya, dan biasanya banyak di sukai oleh Orang jawa, karena selain memiliki Gizi yang cukup, tinggi, harga terjangkau, juga memiliki rasa yang enak, disamping proses pemeliharaannya juga sangta mudah oleh kalangan Pengusaha ikan. khususnya dalam pembudidayaannya.

A. Komposisi Gizi
Ikan bandeng merupakan suatu komoditas perikanan yang memiliki rasa cukup enak dan gurih sehingga banyak digemari oleh masyarakat. Selain itu, harganya juga terjangkau oleh segala lapisan masyarakat. lkan bandeng termasuk ikan yang bertulang keras (teleostei), dan dagingnya berwarna putih susu dengan struktur daging padat. 

Menurut USDA National Nutrient Database for Standard Reference (2009), ikan bandeng mempunyai nutrisi yang lengkap, terdiri dari proksimat, mineral lemak dan asam amino yang bermanfat bagi pemenuhan nutrisi manusia (Tabel 1.)
Tabel 1. Nutrisi Ikan Bandeng ( 100  gr daging )


Nutrisi
Units
Nilai
Proksimat


Air
Energi
Energi
Protein
Lemak
Abu
Karbohidrat
Fiber,total diet
Gr
Kcl
Kj
Gr
Gr
Gr
Gr
Gr

70.85
148
619
20.53
6.73
1.14
0.00
0.0
Mineral


Kalsium,ca
Besi. fe
Magnesium, mg
Fosfor,p
Kalium
Mg
Mg
Mg
Mg
Mg
51
0.32
30
162
292
Natrium,na
Seng,zn
Tembaga,cu
Mangan,mn
Selesnium,se

Mg
Mg
Mg
Mg
mg
72
0.82
0.034
0.020
12.6
Vitamins


Thiamin
Robolvafin
Niacin
Pantothenic acid
Vitamin B6
Folate,total
Asam folat
Folate food
folateDFE
vitamin B12
vitamin A,RAE
retinol
Vitamin A,IU
Mg
Mg
Mg
Mg
Mg
Mcg
Mcg
Mcg
Mcg_DFE
Mcg
Mcg_RAE
Mcg
IU
0.013
0.054
6.440
0.750
0.423
16
0
16
16
3.40
30
30
100
Lemak


Asam lemak,total saturated
Asam lemak,total monounsaturated
Asam lemak, total poliyunsaturated
Kolesterol

Gr
Gr
Gr
Mg

1.660
2.580
1.840
52

Asam amino


Tryptophan
Threonin
Isoleousin
Leusin
Lisin
Methionin
Sistin
Phenylalanin
Tyrosin
Valin
gr
gr
gr
gr
gr
gr
gr
gr
gr
gr
0.230
0.900
0.946
1.669
1.886
0.608
0.220
0.802
0.693
1.058
 Sumber: USDA National Nutrient Database for Standard Reference, (2009)
Ikan bandeng mempunyai nilai gizi yang tinggi ,  namun ikan bandeng juga  banyak mengandung duri sehingga kurang diminati masyarakat. Selain itu ada juga ikan bandeng yang berbau tanah, akan mengurangi cita rasa ikan kendati telah dibuat dalam bentuk olahan. Ikan bandeng yang berbau tanah juga sangat tidak disukai oleh banyak kalangan sehingga  penggunaannya sebaiknya dihindari. Bau tanah pada ikan bisa disebabkan oleh adanya senyawa geosmin yang ditimbulkan oleh jamur Actinomycetes dan ganggang biru Oscillatoria tenus. Hal ini sering terjadi pada tambak yang dangkal dan letaknya jauh dari laut (tambak darat). Pada tempat tersebut, kandungan tanah pada tambak kurang baik sehingga dapat menurunkan kualitas kesuburan tanah. Hal ini akan membuat banyak klekap mengapung. Klekap yang sudah mengapung tidak disukai oleh ikan bandeng, sihingga ikan bandeng akan mengaduk-aduk tanah mencari makanan dan memakan ganggang biru (Oscilatoria tenus) yang ditumbuhi jamur Actinomycetes. Secara fisik bandeng yang berbau tanah dapat diketahui dari warna punggungnya. Bila warna punggungnya kuning kecokelatan atau abu-abu pucat (tidak berwarna biru cerah), berarti bandeng tersebut beraroma tanah. 

Untuk diketahui:
Menurut USDA National Nutrient Database for Standard Reference (2009), ikan bandeng mempunyai nutrisi yang lengkap, terdiri dari proksimat, mineral lemak dan asam amino yang bermanfat bagi pemenuhan nutrisi manusia.Ikan bandeng merupakan suatu komoditas perikanan yang memiliki rasa cukup enak dan gurih. Ikan bandeng mempunyai nilai gizi yang tinggi ,  namun ikan bandeng juga  banyak mengandung duri sehingga kurang diminati masyarakat. Selain itu ada juga ikan bandeng yang berbau tanah, akan mengurangi cita rasa ikan kendati telah dibuat dalam bentuk olahan.

Teruskan membaca:
Pengolahan Ikan Bandeng

Semoga bermanfaat


Kementerian Kelautan dan Perikanan
 http://penyuluhpi.blogspot.com/
Direktorat Jendral Perikanan Budidaya
Pusat Penyuluhan Perikanan

No comments:

Post a Comment