Pages

Wednesday, December 5, 2012

Teknologi Budidaya Ikan Lele



Penyuluh Perikanan Mukomuko. "Buku ini merupakan materi penyuluhan perikanan yang berjudul Teknologi Budidaya Perikanan air tawar khususnya ikan lele oleh penyuluh Perikanan. Untuk kita ketahui ,Bahwa Salah satu visi Kementerian Kelautan dan Perikanan  adalah peningkatan produksi budidaya perikanan dari tahun 2009 – 2014 ditargetkan meningkat 395% yaitu dari 1.305.000 ton (2009) menjadi 5.153.300 ton (2014). Komoditas ikan budidaya yang dipacu terutama adalah ikan lele, ikan patin, ikan bandeng dan ikan kerapu. Ikan lele disebut pertama, artinya ikan lele diberi beban terbesar untuk mencapai target tersebut. Ikan lele menjadi tumpuan harapan utama karena tersedianya komoditas unggul yang oleh para peneliti kita selalu diupayakan untuk lebih unggul lagi dan adanya hubungan sehingga kita mendapat kemudahan untuk mendapatkan induk lele Afrika yang menjadi induk penjenis lele dumbo Clarias gariepenus.
Penemuan kolam terpal juga mempengaruhi pesatnya usaha budidaya lele. Terpal bekasspanduk/banner/baliho pemilu dari legislatif, presiden gubernur sampai bupati/walikota bisa  bertahan hingga 5 tahun, lebih awet dan lebih mudah daripada terpal tenda yang hanya 1-2 tahun saja.
Semoga lele dapat menjadi pendukung utama Indonesia menjadi produsen terbesar perikanan dunia.





Bagi anda yang mungkin sedang mencari petunjuk atau pedoman dalam usaha pemeliharaan atau management Udang Vaname silahkan di Download, semoga bermfaat.




Sumber :
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Badan Pengembangan Sumberdaya manusia Kelautan dan Perikanan
Pusat Penyuluhan Perikanan

No comments:

Post a Comment