Pages

Friday, December 7, 2012

Teknologi Pengolahan Ikan Tenggiri



PenyuluhPerikanan Mukomuko.- Sahabat semua yang saya hormati,Pada Postingan kali ini penyuluh perikanan akan berbagi untuk menyebarkan Informasi tentang Teknologi Pengolahan Ikan Tenggiri. Ikan tenggiri biasanya dipasarkan dalam keadaan segar atau beku. Sejumlah negara maju lebih menyukai ikan tenggiri yang dipasarkan dalam bentuk potongan tipis (fillet) atau tanpa tulang (boneless). Beberapa negara telah mengolah ikan tenggiri untuk dikemas dalam kaleng (canned) seperti ikan sarden. Ikan tenggiri mengandung gizi yang cukup tinggi. Kebutuhan protein hewani dapat dipenuhi dengan mengonsumsi ikan ini.
Filipina dan Jepang merupakan negara yang penduduknya paling banyak mengonsumsi ikan. Indonesia dengan segenap potensi sumber daya maritim yang dimiliki seharusnya mengikuti langkah serupa. Untuk keperluan kuliner, ikan tenggiri dapat dimasak dengan berbagai cara tergantung selera. Ikan tenggiri pun dapat diolah menjadi bentuk makanan lain, tidak selalu dimakan dalam bentuk ikan utuh. Cara pemasakan seperti memanggang (broiling), menggoreng (frying), membakar (baking), dan pengasapan merupakan metode umum yang digunakan untuk mengolah ikan tenggiri.  Untuk lebih mengetahui tentang Teknologi Pengolahan Ikan Tenggir maka dibawah ini ada peberapa cara yang dapat dilakukan sebagai teknologi Pengolahan ikan Tenggiri, dan silahkan di Download.




Demikian Buku Petunjuk Teknis ini sengaja disajikan untuk anda semua semoga bermanfaat, terutama bagi anda sebagai Pelaku utama dan Pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.



Sumber:
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Pusat Penyuluhan Perikanan

No comments:

Post a Comment